Sejarah SMK Pariwisata Telkom Bandung
Di tahun 1950an gedung SMK Pariwisata Sandhy Putra Bandungsebelum digunakan untuk sekolah adalah sebagai asrama Jawatan P.T.T (Jawatan Pos, Telegrap dan Telepon), pemiliknya adalah seorang nyonya berkebangsaan Belanda yang bernama Ny. Brochet. Tahun demi tahun berganti, gedung tersebut menjadi milik perusahaan Jawatan P.T.T dan sekitar tahun 1977 perusahan tersebut berganti nama menjadi Perumtel (Perusahaan Umum Telekomunikasi) dan di tahun 1986 berganti nama lagi menjadi PT. Telekomunikasi Indonesia.
SMIP (Sekolah Menengah Industri Pariwisata) Sandhy Putra Bandungdengan
alamat jalan Palasari no. 1 dengan menempati gedung milik PT. Telkom
yang telah dihibahkan pada Yayasan Sandhykara Putra Telkom untuk
dipergunakan sebagai tempat pendidikan. Pendiri
dan pemilik SMIP Sandhy Putra Bandung adalah Yayasan Sandhykara Putra
Telkom, yaitu sebuah yayasan yang didirikan oleh istri-istri para
karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia. Sekolah Menengah Industri
Pariwisata Sandhy Putra Bandung di resmikan pada tanggal 3 Januari
1990, oleh Mentri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi yang pada saat itu
dijabat oleh bapak Soesilo Soedarman.
SMIP Sandhy Putra Bandung merupakan sekolah
kejuruan bidang keahlian Pariwisata di Jawa Barat dengan memiliki 3
(tiga) program keahlian diantaranya; program Usaha Jasa Pariwisata
(UJP) yang sekarang menjadi Usaha Perjalanan Wisata (UPW), program
Akomodasi Perhotelan (AP) dan program Tata Boga (TB). Pada persiapan
berdirinya SMIP Sandhy Putra Bandung ini mengacu kepada STPB (Sekolah
Tinggi Pariwisata Bandung), baik sarana praktik maupun pengajar mata
diklat kejuruannya. Untuk pengajar umum tenaga kami adalah lulusan UPI
dan perguruan tinggi lainnya. Dalam tahun 1991 SMIP Sandhy Putra mendapat kehormatan untuk menjadi penyelenggara Musyawarah Nasional SMIP seluruh Indonesia. Berdasarkan
SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdikbud RI nomor
488/C/Kep/I/92 tanggal 31 Desember 1992, SMIP Sandhy Putra memperoleh
status Akreditasi "DISAMAKAN", yaitu status tertinggi untuk sekolah
swasta. Dengan status tersebut SMIP Sandhy Putra
Bandung berhak menyeleng-garakan EBTA/EBTANAS bagi SMIP-SMIP lainnyaa
di Jawa Barat yang berstatus TERDAFTAR.
Dalam operasinya SMIP
Sandhy Putra Bandung secara administratif dibawah naungan Yayasan
Sandhykara Putra Telkom, sedangkaan teknis kependidikannya dibina oleh
Depdikbud, dalam hal ini Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, khususnya
bidang pendidikan kejuruan, sedangkan hubungan secara tidak langsung
adalah dengan STPB dan Departemen Pariwisata Seni dan Budaya. Sebagian
para lulusan sekolah kami telah memasuki lapangan kerja di berbagai
hotel berbintang, restoran, biro perjalanan, maskapai penerbangan,
pelayaran, wirausaha dan sebagian lagi melanjutkan pendidikan ke jenjang
yang lebih tinggi.
Pada tanggal 7 Maret 1997 ada perubahan nomenklatur SMIP(Sekolah Menengah Industri Pariwisata) berubah menjadi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) berdasarkan SK Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 036/0/1997, sejak saat itu SMIP Sandhy Putra Bandung menjadi SMK Pariwisata Sandhy Putra Bandung. SMK
Pariwisata Sandhy Putra Bandung sudah memperoleh status 3 kali
Akreditasi, pada tahun 2003, tahun 2008 dan pada tahun 2013. Ketiga
status tersebut menyandang predikat Memuaskan yaitu dengan
nilai Akreditasi "A"
Visi dan Misi
VISI
Terwujudnya tenaga pariwisata yang profesional pada tahun 2017, berdasarkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
MISI
Menyelenggarakan pendidikan yang berkua- litas dalam bidang kepariwistaan dan menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang profesionl, melalui proses pembelajaran yang dapat menumbuhkan nilai keimanan dan ketakwaan, sikap mandiri, serta mampu ber- adaptasi dengan perkembangan ilmu dan teknologi, sehingga mampu bersaing di era global pada tahun 2017, serta siap melanjut- kan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
Macam Macam Program Keahlian
Tujuan Program Keahlian secara umum mengacu pada isi Undang
Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan
Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa
pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan
peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
1.Program Usaha Perjalanan Wisata adalah
kegiatan yang bertujuan menyelenggarakan jasa pariwisata dengan
menyediakan atau mengusahakan obyek dan daya tarik wisata, usaha sarana
pariwisata dan usaha lain yang terkait dibidang tersebut.
2.Program Keahlian Akomodasi Perhotelan adalah
kompetensi keahlian dibawah program studi keahlian pariwisata yang
menekankan keahlian pada bidang penguasaan informasi dan kemampuan
tentang akomodasi perhotelan, pengelolaan dan penyelengaraan akomodasi.
3.Program Keahlian Jasa Boga memberikan
pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik di bidang pengolahan,
penyajian dan pelayanan makanan dan minuman.
Tujuan Program Keahlian Usaha Jasa Pariwisata
Tujuan
Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata secara umum mengacu pada isi
Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai
Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan
bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang
mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang
tertentu.
Secara
khusus tujuan Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata adalah membekali
peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
1. Menerima dan memproses reservasi sesuai permintaan pelanggan
2. Menghitung harga tiket penerbangan domestik dan internasional
sesuai ketentuan IATA
3. Menerbitkan tiket penerbangan domestik dan internasional secara
manual maupun komputerisasi sesuai ketentuan IATA
4. Mengurus dokumen perjalanan lain, seperti: Visa, Pasport, PTA dan
lain-lain
5. Melaksanakan tugas sebagai pemandu wisata pada perjalanan wisata
6. Melaksanakan tugas sebagai pemandu wisata di obyek/atraksi wisata
7. Melaksanakan layanan transfer
8. Menghitung harga paket perjalanan wisata
9. Menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata
10. Menjual produk pariwisata
11. Melaksanakan tugas sebagai petugas tata operasi darat (Ground
Handling)
12. Melaksanakan tugas sebagai pengelola informasi wisata
Tujuan Program Keahlian Akomodasi Perhotelan
Tujuan Program Keahlian Akomodasi Perhotelan secara umum mengacu pada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) pasal 3 mengenai Tujuan pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta pedidik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
secara khusus tujuan program keahlian Akomodasi Perhotelan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :
1. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai
Reception, Reservation, Telephone Operator, dan Porter
2. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai
Reception, Reservation, Telephone Operator, dan Porter
2. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai
Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen &
Uniform Attendant dan Laundry Attendant.
Tujuan Program Keahlian Tata Boga
Tujuan
Program Keahlian Tata Boga secara umum mengacu pada isi Undang-Undang
Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) pasal 3 mengenai Tujuan pendidikan
Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan
kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta
pedidik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
Secara khusus tujuan Program Tata Boga adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten :
1. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Food and Beverage
Product sebagai kitchen cook dan pastry cook, purchasing
clerk, receiving clerk dan cost control.
2. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Food and Beverage Service
sebagai Room service waiter, bartender, Restaurant waitress/
waiter, greeter, buttler dan Order Taker.
Macam-macam ekstrakulikuler :
Hampir di tiap
sekolah ekstrakurikuler memang sangat diminati dan bahkan jauh lebih
disukai dibandingkan dengan waktu belajar di dalam kelas. Mungkin
alasannya adalah karena kegiatannya yang tidak monoton. Jika belajar
hanya berkutat dengan buku, papan tulis, dan penjelasan guru, maka
ekstrakurikuler menawarkan hal lain dari hanya sekedar itu. ada kegiatan
diluar kelas, dengan pemandangan yang berbeda dari hanya sebuah ruangan
kelas. Ekstrakurikuler memang jauh lebih menyenangkan.
Ekstrakurikuler
saat ini jauh lebih bervariasi, tak hanya basket, voli, atau sepakbola.
Saat ini muncul sejumlah ekstrakurikuler baru seperti modern dance,
traditional dance, cheerleaders, kerohanian, theater, melukis,
jurnalistik, beladiri , pecinta alam, vocal group, dan sejumlah ekskul
lainnya.
SMK
Pariwisata tELKOM Bandung memiliki 9 (sembilan) macam kegiatan
Ekstrakurikuler diantaranya ; Futsal, Jugling, Band, Modern Dance,
Basket, TI(tecnology information), TOEIC (Test of English for
International Communication), Bahasa Jepang dan Pramuka.1.Modern Dance
Tarian tradisional dan modern dikolaborasi sehingga menghasilkan gerakan-gerakan yang membuat mata tak akan terpejam. Ekstrakurikuler ini juga sering tampil dalam berbagai acara penting. Ekstrakurikuler ini juga bertujuan untuk melatih dan mengarahkan minat siswa serta mengarahkan bakat siswa.
2.JUGLING BARTENDING
Atraksi juggling ala bartender, tidak hanya digelar di kafe-kafe. Di SMK Sandhy Putra Bandung pun, siswa juga banyak yang mahir memainkan botol minuman dengan menggunakan dua tangan. Juggling tersebut merupakan salah satu atraksi classmeeting, di halaman sekolah, dan di berbagai event-event penting.
3.BAND
Ekstrakurikuler ini diharapkan mampu memberikan dan menyediakan sarana
untuk para siswa dan siswi yang memiliki bakat olah vocal, kemampuan
serta talenta yang mampu berkarya dalam bidang musik atau
band. Ekstrakurikuler ini juga sudah beberapa kali mendapat juara pada
event-event tertentu.
4.BAHASA JEPANG
Ekstrakurikuler ini sasarannya adalah agar siswa-siswa yang memiliki bakat dan minat yang sama dapat tersalurkan dengan baik, selain itu agar menjadi wadah perkumpulan siswa-siswa yang memiliki hobi yang sama. Sehingga dapat menjadi sebuah ekstrakurikuler yang memiliki tujuan efektif, yaitu selain sebagai penyalur bakat dan minat juga dapat menjadi tempat berkumpul siswa yang memiliki hobi sama.
5.FUTSAL
Bertujuan untuk melatih dan mengarahkan minat siswa serta mengarahkan
bakat siswa, khususnya dalam permainan sepak bola lapangan mini ini.
Ekstrakurikuler Futsal ini sama dengan ekskul lainnya yang juga telah mengikuti event-event perlombaan, baik tingkat menengah, tingkat kota dan lain sebagainya.
Ekstrakurikuler Futsal ini sama dengan ekskul lainnya yang juga telah mengikuti event-event perlombaan, baik tingkat menengah, tingkat kota dan lain sebagainya.
6.BASKET
Selain
pelajaran Penjaskes, olah raga Bola Basket juga terdapat dalam
Ekstrakurikuler, ini bertujuan untuk menampung siswa/siswi yang berbakat
di bidang olahraga boka basket, sehingga siswa/siswi dapat
mengembangkan hobi dan bakatnya dengan baik.
7.PRAMUKA
Dalam
ekstrakurikuler ini para peserta di didik dan dilatih tentang
kepanduan, dimana outputnya para peserta dapat mengamalkan Dasadharma
Pramuka dalam setiap kehidupannya.
8.TEKNOLOGI INFORMASI (TI)
Komputer merupakan salah satu sarana dalam berbagai hal di era sekarang ini. Melalui komputer dan jaringan internet kita
dapat membuka wawasan kita mengenai dunia karena komputer dan internet
merupakan salah satu jendela dunia.Ekstrakurikuler komputer juga
merupakan sarana pendukung peserta didik untuk mempersiapkan lomba-lomba
TIK.
9.TOEIC (Test Of English For International Communication)
Bahasa Inggris
sebagai bahasa internasional sangat dibutuhkan di era globalisasi,
sehingga menuntut kita untuk dapat menggunakannya secara aktif. dengan
mengikuti ekstrakurikuler ini diharapkan dapat membuat para siswa
menjadi lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapat ataupun
berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dalam segala kesempatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar